Selasa, 02 Oktober 2012

BAB I skripsi


BAB I
PENDAHULUAN
1.  Latar belakang

                  Pada saat sekarang ini kemajuan dalam bidang teknologi  sangatlah pesat. Hal ini sangat mempengaruhi dalam pembuatan alat-alat canggih dimana alat-alat canggih tersebut dapat bekerja secara otomatis serta memiliki tingkat ketelitian yang sangat tinggi dengan adanya bantuan dari mikrokontroler itu sendiri.
                  Penggunaan mikrokontroler sebagai unit-unit kendali sudah sangat luas. Hal ini dikarenakan peralatan-peralatan yang terkontrol dengan mikrokontroler memberikan kemudahan-kemudahan dalam penggunaannya. Seperti halnya alat kunci penyimpanan barang di kantor pos dengan RFID.
     Pada kehidupan sehari-hari kemajuan teknologi yang ada pada saat ini banyak memberikan kemudahan kemudahan pada pengaplikasiannya misalnya pada pengaplikasiannya pada locker penyimpanan barang.mengetahui penyimpanan barang di kantor pos secara manual menggunakan kunci biasa.karena itu kami mencoba membuat suatu alat  Kunci Penyimpanan Barang Di kantor pos dengan RFID, yang dapat membuka locker barang dengan menggunakan  RFID Sebagai pengenal yang terhubungkan ke mikrokontroller dan keypad untuk penggunaan password yang terhubung langsung ke Mikrokontroller sebagai keluaran dan indikator bila penggunaan id salah karena tidak sesuai data pengirimannya atau disalahgunakan.
Dalam beberapa tahun terakhir ini teknologi identifikasi berbasis frekuensi radio (Radio Frequency Identification) berkembang dengan pesat. Hal ini diakibatkan oleh beberapa hal, salah satu di antaranya kebutuhan yang besar dari aplikasi untuk konsumen dengan menggunakan teknologi ini.
Radio Frequency Identification (RFID) adalah teknologi wireless yang kompak yang berpotensi sangat besar untuk kemajuan perniagaan (commerce). RFID menggunakan chip yang dapat dideteksi pada range beberapa meter oleh pembaca RFID. Tag RFID yang telah diperbaharui mempunyai beberapa keunggulan dibandingkan dengan teknologi idetifikasi lainnya dan dapat juga digunakan untuk system keamanan. Tag RFID menawarkan solusi identifikasi dengan berbagai macam tingkat keamanan.

2. Rumusan Masalah
            Berdasarkan hal tersebut diatas maka timbul permasalahan seperti :
  • Bagaimana merencakan serta membuat alat pengontrolan pada proses pembukaan locker barang di kantor pos
  • Bagaimana mengimplementasikan Mikrokontroler dengan menggunakan  IC AT89S51
  • Bagaimana cara mengimplementasikan  alat tersebut pada suatu industri usaha kecil.
  • Bagaimana merancang program mikrokontroler agar pembacaan kode RFID benar-benar sesuai dengan sumbernya.
  • Bagaimana merancang rangkaian keypad yang digunakan sebagai masukan.

3. Tujuan
                  Tujuan dari pembuatan alat ini adalah untuk menyimpan barang berharga di locker dalam jangka waktu yang lama dengan sistem keamanan yang baik dibandingkan sistem manual yang menggunakan kunci biasa

4. Batasan Masalah
                  Agar permasalahan tidak terlalu luas, maka penulis membatasi hanya pada hal-hal berikut :
  1. Alat yang dibuat berbasis mikrokontroler yang diimplementasikan dengan    menggunakan IC AT89S51
  2. Membuat rangkaian keypad yang digunakan untuk memberikan perintah atau pencarian berdasarkan kode untuk membuka locker barang
  3. Membuat rangkaian tampilan yang digunakan untuk memudahkan dalam melihat secara visual terhadap informasi  berdasarkan kode yang terbaca pada RFID Reader.
  4. Tidak membahas teori-teori Frekuensi Radio
  5. Perencanaan dan pembuatan alat untuk menyimpan barang berharga di locker dengan sistem keamanan yang baik di kantor pos dengan id password
  6. Memfokuskan pada desain dan cara kerja dari alat ini berdasarkan teori yang berhubungan dengan rangkaian tersebut
  7. Tidak membahas mengenai rangkaian sensor

5. Metodologi  Pembahasan
Perencanaan serta pembahasan yang dilaksanakan dalam tugas akhir ini adalah bersifat praktis yaitu perecanaan serta pembahasan yang mengarah pada pembuatan alat secara nyata. Awal pembahasan ini dimulai dengan membahas masing-masing rangkaian tersebut, kemudian diikuti dengan perencanaan dan pembuatan perangkat lunak maupun alat.














6.Sistematika Pembahasan
Sistematikan pembahasan  dalam tugas akhir ini terdiri dari 5 bab, yaitu :
BAB 1       : PENDAHULUAN
Berisi tentang latar belakang permasalahan, batasan masalah, tujuan
Pembahasan, metodologi pembahasan, sistematika penulisan, dan relevansi dari penulisan tugas akhir ini.
BAB II      : TEORI PENDUKUNG
Membahas mengenai teori dasar yang menunjang dari perencanaan dan pembuatan software dan hardware serta teori dasar alat-alat pendukung lainnya.
BAB III    : PERENCANAAN DAN PEMBUATAN ALAT
Membahas tentang perencanaan dan pembuatan alat secara keseluruhan.
BAB IV    : PENGUJIAN ALAT
Membahas tentang uji coba alat yang telah dibuat, cara pengoperasiannya, serta spesifikasi alat itu sendiri.
BAB V      : PENUTUP
Berisi tentang kesimpulan dari pembahasan pada bab-bab sebelumnya dan kemungkinan pengembangan alat tersebut



 I

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tinggalkan komentar anda, demi perbaikan kedepannya,,,, Terima Kasih