Minggu, 13 Mei 2012

ANALISIS SWOT


STRENGTH (KEKUATAN) PERUSAHAAN ASURANSI

            Kekuatan dari perusahaan asuransi meliputi:
1.      Asuransi Melindungi Resiko Investasi
Kemauan untuk menanggung resiko merupakan unsur fundamental dalam perekonomian bebas. Bilamana suatu perusahaan berusaha untuk memperoleh keuntungan dalam bidang usahanya, maka kehadiran  resiko dan  ketidakpastian tidak dapat dihindarkan. Asuransi mengambil alih resiko itu. Karena asuransi menghilangkan / mengurangi resiko, maka para usahawan dimungkinkan dan didorong untuk mengkonsentrasikan energi dan modal dalam usaha-usaha yang kreatif.
2.      Asuransi Dapat Mengurangi Kekhawatiran
Bila seseorang telah membayar premi asuransi, mereka telah terbebas dari kekhawatiran kerugian besar dengan memikul suatu kerugian kecil (dalam hal ini berupa premi yang telah dibayarkan). Kerugian kecil itu sesungguhnya merupakan bagian yang dipikulnya untuk kerugian kelompok itu. Jadi, dengan membayar premi, ia memperoleh kepastian biaya jika ada kemungkinan kerugian. Jika tidak ada asuransi, maka mereka yang menghadapi resiko tidak akan dapat meramalkan apakah mereka akan tertimpa kerugian besar, kerugian kecil atau tidak. Oleh karena itu, mereka tidak akan sanggup meramalkan biayanya.
3.      Asuransi Mendorong Usaha Pencegahan Kerugian
Dewasa ini perusahaan-perusahaan asuransi banyak melakukan usaha yang sifatnya mendorong perusahaan tertanggung untuk melindungi diri dari bahaya yang dapat menimbulkan kerugian. Perusahaan-perusahaan yang bergerak dalam bidang usaha menyadari bahwa keberhasilan yang ingin dicapai sangat tergantung kepada kemampuan mereka untuk memberikan perlindungan dengan biaya yang cukup wajar. Oleh karena itu, mereka sendiri secara sadar dan sistematis bekerja sama untuk menghilangkan atau memperkecil kemungkinan yang dapat menimbulkan kerugian.

WREATH (KELEMAHAN) PERUSAHAAN ASURANSI
            Kelemahan dari perusahaan asuransi meliputi:

1.      Lambannya dala penangana klaem.
Dengan semakin banyaknya nasabah  atau  kolega dari perusahaan jasa asuransi itu menjadikan  penangana klaem atas kerugian yang ditanggungkan kepihak asuransi menjadi lambat. Selain lambannya klaem asuransi, rumitnya proses pencairan dana juga menjadi kelemahan dari jasa asuransi ini, karna pihak asuransi harus melihat kerusakan atau kerugian  itu secara nyata. Dalam penangannya pihak asuransi selalu mengedepankan pelayanan yang  prima namun banyaknya persyaratan  klaem asuransi menjadi masalah yang dianggap memberatkan dan cendrung tidak ingin mencairkan dana para nasabah.
2.      Kerugian financial dari klaem nasabah.
Dengan adanya jaminan atas segala kerugian yang dialami oleh nasabah, menjadikan nasabah menjadi merasa tenang karna terhindar dari kerugian financial, dengan menyetorkan  premi asuransi  yang terjangkau dan terhitung  murah namun dapat penggantian  kerugian financial yang sebanding dengan kerugian yang kita alami, menjadikan  jasa asuransi mengalami kesulitan dana untuk mebayar setiap kerugian yang ditanggungnya. Dengna penanggungan itu, perusahaan asuransi dewasa ini banyak mencari sumber-sumber dana asuransi dari jasa penerbangan, kapal laut, pembayaran pajak motor dan lain-lain.
.





OPERTUNITY (PELUANG)
Opertuniti (peluang) perusahhan asuransi meliputi :
Dari segi harga premi yang ditawarkan oleh perusahaan asuransi PT xxx relative terjangkau. Harga merupakan satu-satunya elemen bauran pemasaran yang menghasilkan penerimaan; semua elemen lain merupakan biaya. Harga juga merupakan  salah  satu  elemen bauran pemasaran yang paling fleksibel. Tidak seperti fitur produk dan kesepakatan dengan saluran pemasaran, harga dapat diubah  dengan  cepat. Pada waktu yang sama, penetapan harga dan persaingan harga adalah masalah  nomor satu  yang dihadapi para eksekutif pemasaran. Kesalahan-kesalahan  umum  ialah seringkali penetapan harga terlalu berorientasi pada biaya bukan pada pada nilai yang di peroleh oleh pelanggan.
            Untuk menyikapi hal tersebut  PT xxx  memberikan banyak  tawaran harga dan produk yang variatif serta nilai manfaat yang besar bagi nasabah. Dengan bervariasinya produk asuransi yang di tawarkan oleh  PT xxx  membuat  nasabah  mempunyai banyak pilihan untuk menginvestasikan dananya dalam bentuk asuransi.
            Dengan besarnya nama asuransi  PT xxx  menjadikan asuransi ini memiliki Brand Imeges tersendiri di mata nasabah, sehingga nasabah  PT xxx  semakin royal terhadap setiap produk asuransi yang ditawarkan. Selain itu perusahaan  ini sudah  lama berdiri di samarinda dan  sudah cukup dikenal oleh mayarakat luas. Sehingga walau  banyak perusahaan asuransi di samarinda, membuat perusahaan asuransi  PT xxx  tidak terlalu kawatir terhadap kedatangan para pesaingnya itu.





TREATH (ANCAMAN) PERUSAHAAN ASURANSI
            Ancaman dari perusahaan asuransi meliputi:
Dewasa ini perkembangan jasa asuransi dapat dibilang cukup pesat, dikarenakan setiap orang atau instansi memiliki pemikiran yang sama untuk melindungi diri dari segala kemungkinan terburuk dalam kehidupan. Semakin dibutuhkannya jasa asuransi dewasa ini mendorong pertumbuhan jasa asuransi yang semakin menjamur. Dan dengan pertumbuhan yang pesat itu menjadikan perusahaan asuransi yang ada saling bersaing demi mendapatkan nasabah sebanyak-banyaknya. Dalam prihal itu perusahaan asuransi bumi putra melakukan strategi menjemput bola untuk mendapatkan nasabah yang banyak dan melakukan pelayanan yang prima kepada para nasabahnya agar nasabah yang dimilikinya tidak beralih ke perusahaan lain yang sejenis.
Dengan semakin banyaknya perusahaan asuransi yang ada di samarinda membuat perusahaan asuransi bumi putra harus selalu mengikuti perkembanga padar dan kemauan nasabah. Denga mengikuti perkembangan yang terjdi di pasar maka perusahaan dapat bersaing denga perusahaan lain yang sejenis.
Selain dari pihak eksternal, ancaman juga bisa datang dari pihak internal perusahaan, biasanya ancaman dari pihak internal lebih sering terjadi karna kurangnya komuniksai dan kordinasi antar setiap individu atau instansi yang ada diperusahaan tersebut.







REKOMENDASI
Rekomendasi dari kelompok kami adalah untuk dapat meraih peluang pasar dengan tingkat persaingan yang sangat tinggi,  maka perusahaan dituntut sebuah strategi yang efektif dan efisien. Strategi yang di buat harus dapat meningkatkan penjualan produk, menaikkan nama  perusahaan di mata masyarakat dan yang terpenting harus sejalan dengan arah dan tujuan perusahaan.


SOLUSI
Solusi dari kelompok kami adalah dalam meningkatkan penjualan produknya, di harapkan perusahaan bisa menggunakan direct selling kepada nasabah. Karena dengan penjualan langsung, perusahaan memberikankan kedekatan kepada pelanggannya dan dapat langsung mengerti kemauan pelanggannya. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tinggalkan komentar anda, demi perbaikan kedepannya,,,, Terima Kasih