STRENGTH (KEKUATAN) PERUSAHAAN
ASURANSI
Kekuatan
dari perusahaan asuransi meliputi:
1.
Asuransi
Melindungi Resiko Investasi
Kemauan
untuk menanggung resiko merupakan unsur fundamental dalam perekonomian bebas.
Bilamana suatu perusahaan berusaha untuk memperoleh keuntungan dalam bidang
usahanya, maka kehadiran resiko dan ketidakpastian tidak dapat dihindarkan.
Asuransi mengambil alih resiko itu. Karena asuransi menghilangkan / mengurangi
resiko, maka para usahawan dimungkinkan dan didorong untuk mengkonsentrasikan
energi dan modal dalam usaha-usaha yang kreatif.
2.
Asuransi
Dapat Mengurangi Kekhawatiran
Bila
seseorang telah membayar premi asuransi, mereka telah terbebas dari
kekhawatiran kerugian besar dengan memikul suatu kerugian kecil (dalam hal ini
berupa premi yang telah dibayarkan). Kerugian kecil itu sesungguhnya merupakan
bagian yang dipikulnya untuk kerugian kelompok itu. Jadi, dengan membayar
premi, ia memperoleh kepastian biaya jika ada kemungkinan kerugian. Jika tidak
ada asuransi, maka mereka yang menghadapi resiko tidak akan dapat meramalkan
apakah mereka akan tertimpa kerugian besar, kerugian kecil atau tidak. Oleh
karena itu, mereka tidak akan sanggup meramalkan biayanya.
3.
Asuransi
Mendorong Usaha Pencegahan Kerugian
Dewasa
ini perusahaan-perusahaan asuransi banyak melakukan usaha yang sifatnya
mendorong perusahaan tertanggung untuk melindungi diri dari bahaya yang dapat
menimbulkan kerugian. Perusahaan-perusahaan yang bergerak dalam bidang usaha
menyadari bahwa keberhasilan yang ingin dicapai sangat tergantung kepada
kemampuan mereka untuk memberikan perlindungan dengan biaya yang cukup wajar.
Oleh karena itu, mereka sendiri secara sadar dan sistematis bekerja sama untuk
menghilangkan atau memperkecil kemungkinan yang dapat menimbulkan kerugian.
WREATH (KELEMAHAN) PERUSAHAAN
ASURANSI
Kelemahan
dari perusahaan asuransi meliputi:
1.
Lambannya
dala penangana klaem.
Dengan
semakin banyaknya nasabah atau kolega dari perusahaan jasa asuransi itu
menjadikan penangana klaem atas kerugian
yang ditanggungkan kepihak asuransi menjadi lambat. Selain lambannya klaem
asuransi, rumitnya proses pencairan dana juga menjadi kelemahan dari jasa asuransi
ini, karna pihak asuransi harus melihat kerusakan atau kerugian itu secara nyata. Dalam penangannya pihak asuransi
selalu mengedepankan pelayanan yang prima
namun banyaknya persyaratan klaem
asuransi menjadi masalah yang dianggap memberatkan dan cendrung tidak ingin
mencairkan dana para nasabah.
2.
Kerugian
financial dari klaem nasabah.
Dengan
adanya jaminan atas segala kerugian yang dialami oleh nasabah, menjadikan nasabah
menjadi merasa tenang karna terhindar dari kerugian financial, dengan
menyetorkan premi asuransi yang terjangkau dan terhitung murah namun dapat penggantian kerugian financial yang sebanding dengan
kerugian yang kita alami, menjadikan
jasa asuransi mengalami kesulitan dana untuk mebayar setiap kerugian
yang ditanggungnya. Dengna penanggungan itu, perusahaan asuransi dewasa ini
banyak mencari sumber-sumber dana asuransi dari jasa penerbangan, kapal laut,
pembayaran pajak motor dan lain-lain.
.
OPERTUNITY (PELUANG)
Opertuniti (peluang) perusahhan
asuransi meliputi :
Dari segi harga premi
yang ditawarkan oleh perusahaan asuransi PT xxx relative
terjangkau. Harga merupakan satu-satunya elemen bauran pemasaran yang
menghasilkan penerimaan; semua elemen lain merupakan biaya. Harga juga
merupakan salah satu elemen
bauran pemasaran yang paling fleksibel. Tidak seperti fitur produk dan
kesepakatan dengan saluran pemasaran, harga dapat diubah dengan cepat.
Pada waktu yang sama, penetapan harga dan persaingan harga adalah masalah nomor satu yang dihadapi para eksekutif pemasaran.
Kesalahan-kesalahan umum ialah seringkali penetapan harga terlalu
berorientasi pada biaya bukan pada pada nilai yang di peroleh oleh pelanggan.
Untuk
menyikapi hal tersebut
PT xxx memberikan banyak tawaran harga dan produk yang variatif serta
nilai manfaat yang besar bagi nasabah. Dengan bervariasinya produk asuransi
yang di tawarkan oleh
PT xxx membuat nasabah mempunyai banyak pilihan untuk
menginvestasikan dananya dalam bentuk asuransi.
Dengan
besarnya nama asuransi
PT xxx menjadikan asuransi
ini memiliki Brand Imeges tersendiri di mata nasabah, sehingga nasabah
PT xxx semakin royal terhadap setiap produk
asuransi yang ditawarkan. Selain itu perusahaan ini sudah lama berdiri di samarinda dan sudah cukup dikenal oleh mayarakat luas.
Sehingga walau banyak perusahaan
asuransi di samarinda, membuat perusahaan asuransi
PT xxx tidak terlalu kawatir terhadap kedatangan para pesaingnya itu.
TREATH (ANCAMAN) PERUSAHAAN
ASURANSI
Ancaman
dari perusahaan asuransi meliputi:
Dewasa ini
perkembangan jasa asuransi dapat dibilang cukup pesat, dikarenakan setiap orang
atau instansi memiliki pemikiran yang sama untuk melindungi diri dari segala
kemungkinan terburuk dalam kehidupan. Semakin dibutuhkannya jasa asuransi
dewasa ini mendorong pertumbuhan jasa asuransi yang semakin menjamur. Dan
dengan pertumbuhan yang pesat itu menjadikan perusahaan asuransi yang ada
saling bersaing demi mendapatkan nasabah sebanyak-banyaknya. Dalam prihal itu
perusahaan asuransi bumi putra melakukan strategi menjemput bola untuk
mendapatkan nasabah yang banyak dan melakukan pelayanan yang prima kepada para
nasabahnya agar nasabah yang dimilikinya tidak beralih ke perusahaan lain yang
sejenis.
Dengan semakin
banyaknya perusahaan asuransi yang ada di samarinda membuat perusahaan asuransi
bumi putra harus selalu mengikuti perkembanga padar dan kemauan nasabah. Denga
mengikuti perkembangan yang terjdi di pasar maka perusahaan dapat bersaing
denga perusahaan lain yang sejenis.
Selain dari pihak
eksternal, ancaman juga bisa datang dari pihak internal perusahaan, biasanya
ancaman dari pihak internal lebih sering terjadi karna kurangnya komuniksai dan
kordinasi antar setiap individu atau instansi yang ada diperusahaan tersebut.
REKOMENDASI
Rekomendasi dari kelompok kami adalah untuk dapat meraih peluang pasar
dengan tingkat persaingan yang sangat tinggi,
maka perusahaan dituntut sebuah strategi yang efektif dan efisien.
Strategi yang di buat harus dapat meningkatkan penjualan produk, menaikkan nama
perusahaan di mata masyarakat dan yang
terpenting harus sejalan dengan arah dan tujuan perusahaan.
SOLUSI
Solusi dari kelompok
kami adalah dalam meningkatkan penjualan produknya, di harapkan perusahaan bisa
menggunakan direct selling kepada nasabah. Karena dengan penjualan langsung,
perusahaan memberikankan kedekatan kepada pelanggannya dan dapat langsung
mengerti kemauan pelanggannya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Tinggalkan komentar anda, demi perbaikan kedepannya,,,, Terima Kasih